Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.
Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program
studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah
pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial,
dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya.
Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus
komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan
dengan baik pada sasaran.
Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas,
antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang
mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.
Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis)
yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka
karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih
ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk
khalayak yang disasar (target audience).
Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi
visual, pada semester 6, teman-teman akan dijuruskan pada 3 jalur minat
program studi, yaitu:
Pada dasarnya Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual
Periklanan mengolah bahasa visual pada media statis / diam. Kemampuan
komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus
dikuasai. Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah / surat
kabar, rambu (sign system), desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.
Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan
efisien untuk tujuan persuasi. Mengemas citra sebuah produk / program /
kampanye dengan bahasa visual yang baik, yang bermuara pada perubahan
perilaku sasaran yang dituju.
Sementara Komunikasi Multimedia mengarah pada media
dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media
interaktif hingga peyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer
multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis
dalam karya multimedia.
0 komentar:
Posting Komentar